Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Hang dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Hang dengan Mudah dan Cepat

Nah, kebiasaan kayak gini tuh bisa bikin laptop atau komputer kita jadi lelet. RAM jadi keburu penuh sama program-program yang nggak kita butuhin, sementara performa perangkat jadi terganggu. Makanya, penting banget buat memantau program-program yang berjalan di latar belakang dan menutup yang nggak perlu.

Coba deh liat di task manager atau pengaturan sistem, cari program yang ngabisin banyak memori RAM tapi nggak kita gunain. Kalo ada yang kayak gitu, bisa langsung ditutup supaya memori jadi lebih lega. Dengan begitu, laptop atau komputer kita bisa jalan dengan lebih lancar, nggak lemot, dan nggak sering ngehang.

Terdapat Virus

Benar sekali, virus, malware, atau jenis serupa dapat menjadi penyebab utama laptop ngehang. Kehadiran virus ini bisa membuat banyak program berjalan tanpa izin kita dan bahkan dapat merusak atau menghapus file-file penting.

Nah, bayangin deh punya laptop yang tiba-tiba berperilaku aneh, program-program jalan sendiri tanpa kita ngapa-ngapain, dan yang lebih parahnya lagi, file-file kita hilang entah kemana. Nah, ini semua bisa jadi tanda-tanda bahwa laptop kita terinfeksi virus atau malware.

Oleh karena itu, penting banget buat menjaga laptop kita dari serangan virus ini. Pastikan kita selalu memperbarui dan mengaktifkan program antivirus yang handal. Lakukan juga pemindaian rutin untuk mendeteksi dan menghapus virus yang mungkin ada di laptop kita. Selain itu, hindari mengunduh atau mengakses konten yang mencurigakan di internet, serta jangan lupa untuk selalu hati-hati saat membuka lampiran email yang nggak dikenal.

Dengan melindungi laptop dari virus dan malware, kita bisa mencegah ngehang yang disebabkan oleh program-program jahat ini. Laptop kita pun bisa berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada gangguan yang mengganggu.

Baca Juga:  Download Format Label Undangan 103 di Word, Cara Mudah Membuat Label Undangan dengan Format Terbaru

Baca Juga: 3 Cara Mengecek Garansi Ponsel Vivo dan Keaslianya

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Hang

Setelah kita tahu penyebab-penyebab yang bisa bikin laptop ngehang atau freeze, sekarang Teknadocnetwork.com mau kasih beberapa tips supaya kita bisa mengatasinya. Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini:

  1. Bersihkan Memori : Pastikan memori laptop atau komputer kita nggak kelebihan beban. Hapus file-file yang nggak perlu, uninstall program-program yang jarang dipake, dan pindahkan file penting ke tempat penyimpanan eksternal. Dengan begitu, memori akan lebih lega dan laptop jadi nggak gampang ngehang.
  2. Tutup Program yang Tidak Diperlukan : Periksa program-program yang berjalan di latar belakang dan tutup yang nggak perlu. Banyak program yang secara otomatis berjalan saat startup, seperti antivirus. Kalo nggak butuh, bisa diatur agar nggak jalan otomatis biar nggak ngabisin memori dan bikin laptop jadi lelet.
  3. Lindungi dari Virus dan Malware : Pastikan laptop atau komputer kita terlindungi dengan antivirus yang up-to-date. Lakukan pemindaian rutin untuk mendeteksi dan menghapus virus atau malware yang mungkin ada. Hindari mengunduh atau membuka konten yang mencurigakan dari internet atau email yang nggak dikenal.
  4. Periksa Kesehatan File Sistem : Lakukan verifikasi integritas file sistem menggunakan perintah atau utilitas yang disediakan oleh sistem operasi. Ini akan membantu memperbaiki file-file sistem yang rusak atau hilang, sehingga laptop bisa berjalan dengan lancar.
  5. Pastikan Perangkat Lunak Terupdate : Selalu perbarui sistem operasi dan perangkat lunak lainnya ke versi terbaru. Pembaruan ini seringkali mengandung perbaikan bug dan peningkatan performa yang dapat membantu mencegah masalah ngehang.

Mengurangi Aplikasi

Ketika laptop mulai terasa lemot, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di dalamnya. Dengan mengurangi aplikasi yang terpasang, kita memberikan ruang lebih pada RAM untuk menjalankan program dengan lebih lancar.

Baca Juga:  Cara Setting Ukuran Kertas F4

Kita bisa mulai dengan menutup atau mematikan aplikasi yang sedang tidak digunakan. Buka Task Manager (Ctrl+Shift+Esc) untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Klik kanan pada aplikasi yang tidak diperlukan dan pilih “Tutup” atau “End Task” untuk menghentikannya.

Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak lagi diperlukan. Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terpasang, kita dapat membebaskan ruang penyimpanan dan mengurangi beban pada sistem operasi.

Dengan memberikan ruang lebih pada RAM dan mengurangi beban aplikasi yang berjalan, diharapkan laptop dapat berjalan lebih lancar dan responsif. Jadi, jangan ragu untuk mengurangi aplikasi yang ada di laptop untuk meningkatkan kinerja perangkat kita

Hapus BIOS Cache

Langkah-langkah yang disebutkan di atas cukup efektif untuk mengatasi laptop yang lemot. Berikut adalah cara-cara yang mudah untuk mengikutinya:

  1. Saat laptop mengalami hang atau tidak bergerak sama sekali, pertama-tama lakukan “Restart laptop” dengan menekan dan menahan tombol power sampai laptop mati.
  2. Nyalakan kembali laptop dan masuk ke “BIOS“. Caranya bisa dilakukan dengan menekan tombol F12, F11, F8, F2 (tergantung pada model laptop yang digunakan). Biasanya akan ada tampilan yang menunjukkan tombol mana yang harus ditekan untuk masuk ke BIOS.
  3. Setelah masuk ke BIOS, cari menu “Advanced BIOS Features” atau serupa. Di dalam menu tersebut, cari opsi “BIOS Cache” dan pilih “Disable” atau “Nonaktifkan“.
  4. Tekan tombol “Enter” untuk mengonfirmasi pengaturan tersebut, lalu nyalakan kembali laptop seperti biasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, laptop dapat mengalami refresh dan pengaturan pada BIOS Cache dinonaktifkan, yang dapat membantu memperbaiki masalah lemotnya laptop. Namun, perlu diingat bahwa setiap laptop dapat memiliki tampilan BIOS yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tepat pada laptop Anda.

Baca Juga:  Cara Setting Wifi di Laptop, Panduan Lengkap Mendapatkan Koneksi Internet Jaringan WiFi di Laptop

End Task Window

Jika mengalami program yang “Not Responding“, hal ini masih dapat dikategorikan sebagai hang yang ringan. Berikut adalah cara untuk mengatasi laptop yang “Not Responding”:

  1. Pertama, tekan kombinasi tombol Shift + Ctrl + Esc atau Ctrl + Alt + Del pada keyboard. Hal ini akan membuka Task Manager.
  2. Setelah muncul jendela Task Manager, cari program yang tidak merespons di tab “Applications” atau “Processes“.
  3. Pilih program yang tidak merespons tersebut, kemudian klik tombol “End Task” atau “Akhiri Tugas“. Hal ini akan menghentikan program tersebut secara paksa.
  4. Setelah program dihentikan, laptop seharusnya berjalan normal kembali.

Namun, jika laptop masih mengalami hang atau masalah yang serupa, ada kemungkinan penyebabnya adalah program yang rusak atau laptop tidak kuat untuk menjalankan program tersebut. Dalam hal ini, sebaiknya segera menghentikan program tersebut sebelum menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Pastikan juga untuk melakukan pembaruan perangkat lunak, termasuk program yang sering mengalami “Not Responding”. Terkadang, pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug dan masalah yang menyebabkan program menjadi tidak responsif.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat mengatasi masalah “Not Responding” pada laptop dan memulihkan kinerja normalnya.

Upgrade RAM

Salah satu cara untuk menghindari masalah laptop yang sering freeze karena RAM yang penuh adalah dengan melakukan upgrade RAM ke kapasitas yang lebih besar.

Kapasitas RAM yang lebih besar akan memberikan ruang yang lebih luas bagi laptop untuk menjalankan program dengan lancar. Dengan RAM yang lebih besar, laptop akan mampu menampung lebih banyak data dan menjalankan aplikasi yang lebih berat tanpa mengalami keterbatasan.