Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka merupakan aspek penting dalam penulisan akademik. Daftar pustaka adalah daftar referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah, tesis, atau disertasi. Daftar pustaka memberikan kredibilitas pada karya Anda, dan sangat penting untuk mengorganisasikannya dengan benar.

Dalam artikel ini, kami akan membimbing Anda melalui proses mengorganisir daftar pustaka Anda, memastikan bahwa daftar pustaka Anda akurat, terstruktur dengan baik, dan mudah diikuti. Kami akan memberikan tips, trik, dan instruksi langkah demi langkah untuk memastikan bahwa daftar pustaka Anda memenuhi standar akademik tertinggi.

Meskipun daftar pustaka sangat penting, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu cara membuatnya. Padahal, sebenarnya mengurutkan daftar pustaka itu sangat mudah, terlebih jika kita lakukan melalui Microsoft Word.

Baca Juga:  Cara Setting Remote Desktop Windows 8

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka

Untuk mengurutkan daftar pustaka, sebenarnya tidaklah sulit seperti yang banyak orang bayangkan, terutama jika menggunakan bantuan Microsoft Word.

Namun, sebagai pembuat karya tulis, penting untuk mengetahui aturan penulisan daftar pustaka. Berikut adalah beberapa cara mengurutkan daftar pustaka sesuai dengan aturan yang berlaku:

  1. Daftar pustaka harus disusun secara alfabetis, yakni urutan berdasarkan nama pengarang sesuai abjad.
  2. Nama pengarang harus diawali dengan nama belakang dan diikuti dengan nama depan. Setelah itu, bubuhi tahun terbit buku dalam kurung, dan diakhiri dengan titik.
  3. Setelah nama pengarang, tuliskan judul buku dalam format penulisan Italic atau miring pada Microsoft Word, dan diakhiri dengan titik.
  4. Selanjutnya, tuliskan tempat atau lokasi diterbitkannya buku yang menjadi sumber referensi, lalu diikuti dengan nama penerbit yang didahului dengan titik dua di depannya.
Baca Juga:  Cara Setting Jaringan LAN pada Windows 7

Dengan mengikuti aturan penulisan di atas, kamu dapat mengurutkan daftar pustaka dengan mudah dan sesuai dengan aturan yang berlaku.