Cara Setting Modem Telkomsel 4G LTE 300Mbps
Cara Setting Modem Telkomsel 4G LTE 300Mbps

Cara Setting Modem Telkomsel 4G LTE 300Mbps

Cara Setting Modem Telkomsel 4G LTE 300Mbps – Jika Anda baru saja membeli modem Telkomsel 4G LTE 300Mbps, tahap awal yang harus dilakukan adalah menghubungkannya dengan perangkat komputer atau smartphone Anda.

Hal ini penting agar modem dapat terhubung dengan jaringan internet Telkomsel dan Anda bisa mulai browsing atau melakukan kegiatan online lainnya.

Untuk menghubungkan modem dengan perangkat komputer atau laptop, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, colokkan kabel USB ke modem dan komputer atau laptop Anda. Kabel USB ini akan digunakan untuk menghubungkan modem dengan perangkat Anda.
  2. Lalu, pastikan bahwa modem memiliki koneksi listrik yang baik. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa modem sudah terhubung dengan jaringan Telkomsel.
  3. Setelah itu, buka aplikasi “Mobile Partner” yang ada di dalam modem. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk terhubung dengan jaringan internet Telkomsel. Jika aplikasi belum terinstal di komputer atau laptop Anda, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs web resmi Telkomsel.
  4. Selanjutnya, ikuti instruksi yang muncul di aplikasi untuk membantu Anda terhubung dengan jaringan Telkomsel. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor SIM card Anda dan kode PIN, jika diperlukan. Kemudian, ikuti instruksi untuk memilih jenis paket internet yang ingin Anda gunakan.
  5. Akhirnya, setelah berhasil terhubung ke internet, Anda dapat mencoba membuka browser dan mengetikkan alamat website apa saja untuk membuktikan bahwa koneksi internet telah berhasil terhubung.
Baca Juga:  Nonton Drakor Gratis Sepuasnya Tanpa Aplikasi

Jika Anda ingin menghubungkan modem dengan perangkat smartphone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan bahwa smartphone Anda mendukung koneksi USB OTG (On The Go). Koneksi ini memungkinkan perangkat smartphone terhubung dengan modem menggunakan kabel USB. Jika smartphone Anda belum mendukung koneksi ini, Anda harus membeli adapter khusus untuk menghubungkan modem dengan smartphone Anda.
  2. Lalu, colokkan modem ke smartphone Anda menggunakan kabel USB dan pastikan bahwa modem memiliki koneksi listrik yang baik.
  3. Selanjutnya, Anda perlu menginstal aplikasi “Mobile Partner” pada smartphone Anda. Aplikasi ini dapat diunduh dari situs resmi Telkomsel atau melalui Google Play Store untuk pengguna Android.
  4. Buka aplikasi “Mobile Partner” dan ikuti instruksi untuk menghubungkan perangkat smartphone Anda dengan jaringan internet Telkomsel. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor SIM card dan kode PIN Anda, serta memilih jenis paket internet yang ingin Anda gunakan.
  5. Akhirnya, Anda dapat mulai menggunakan koneksi internet Telkomsel pada smartphone Anda dengan membuka browser atau aplikasi lainnya yang membutuhkan koneksi internet.
Baca Juga:  Cara Setting Wifi Set Top Box

Bagi Anda yang ingin menghubungkan modem Telkomsel 4G LTE 300Mbps dengan perangkat komputer atau smartphone, pastikan bahwa perangkat Anda mendukung koneksi USB OTG dan instal aplikasi “Mobile Partner” pada perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dengan mudah terhubung ke jaringan internet Telkomsel dan dapat mulai browsing atau melakukan kegiatan online lainnya.

Mengakses pengaturan modem melalui alamat IP

Cara mengakses pengaturan modem Telkomsel 4G LTE 300mbps cukup mudah dilakukan. Kamu tidak perlu khawatir meskipun belum pernah mencoba karena langkah-langkahnya sangat simpel.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi browser favorit kamu seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.
  2. Kedua, masukkan alamat IP modem Telkomsel 4G LTE 300mbps ke dalam kolom URL di browser yang kamu buka. IP tersebut adalah 192.168.8.1.
  3. Ketiga, tekan tombol enter pada keyboard atau klik tombol oke di sebelah kanan kolom URL.
  4. Keempat, kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password untuk masuk ke pengaturan modem Telkomsel 4G LTE 300mbps. Jika kamu belum mengubah username dan password, maka kamu bisa memasukkan username dan password bawaan modem seperti pada tabel di bawah ini.
Baca Juga:  Cara Setting RAID pada Server HP Proliant
Username Password
admin telkomsel

Jika kamu mengalami kendala saat mencoba mengakses pengaturan modem Telkomsel 4G LTE 300mbps, sebaiknya periksa kembali koneksi internetmu. Sebaiknya pastikan koneksi internet kamu lancar dan stabil karena bisa mempengaruhi proses pengaksesan pengaturan modem.

Pastikan juga kamu memakai alamat IP yang tepat yaitu 192.168.8.1. Jangan sampai salah memasukkan alamat IP ya.

Apabila kamu sudah berhasil masuk ke pengaturan modem, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Karena setiap orang biasanya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikan pengaturan modem agar koneksi internetmu lebih stabil dan cepat.

Beberapa pengaturan yang bisa dimodifikasi antara lain:

  • Ubah nama dan password wifi.
  • Periksa jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan wifi.
  • Ubah pengaturan keamanan wifi.
  • Periksa status modem Telkomsel 4G LTE 300mbps.
  • Atur kualitas jaringan.

Berbagai pengaturan ini bisa kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan yang sudah kamu ubah agar bisa langsung diaplikasikan pada penggunaan berikutnya.