Cara Setting DVR Glenz ke Internet
Cara Setting DVR Glenz ke Internet

Cara Setting DVR Glenz ke Internet

Sebelum Anda mulai melakukan setting DVR Glenz ke internet, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar proses setting berjalan dengan lancar.

Cara Setting DVR Glenz ke Internet

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Pastikan koneksi internet di lokasi instalasi DVR Glenz stabil dan memadai. Jangan lupa untuk mengecek kecepatan internet, misalnya dengan menggunakan aplikasi speedtest. Kecepatan internet minimum yang dibutuhkan adalah 1 Mbps untuk resolusi 720p dan 2 Mbps untuk resolusi 1080p.

Jika koneksi internet tidak memadai, maka proses pengambilan data dari DVR ke internet akan terganggu, bahkan bisa gagal. Ini akan berdampak pada kualitas streaming video yang buruk dan memakan waktu lama. Solusinya, pastikan sinyal Wi-Fi atau kabel jaringan dapat diterima dengan baik oleh DVR Glenz.

Baca Juga:  Cara Setting Range Extender TP-Link TL-WR840N

Penting untuk diingat bahwa kestabilan dan kecepatan koneksi internet merupakan faktor penting dalam melakukan pengawasan melalui DVR Glenz secara online. Pastikan bahwa koneksi internet terhubung ke perangkat DVR dengan benar.

2. Pastikan IP Address DVR Glenz:

IP address adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah jaringan komputer. IP Address, atau diartikan sebagai Internet Protocol Address merupakan bentuk alamat numerik yang digunakan untuk menentukan lokasi sebuah perangkat dalam jaringan.

Pastikan DVR Glenz memiliki IP Address yang spesifik. IP Address ini akan menjadi titik awal akses kamera CCTV di PC/Laptop dan smartphone melalui jaringan internet. Biasanya, IP Address DVR Glenz digunakan oleh sistem komputer atau router sebagai alamat yang khusus pada jaringan.

Jika kamu menggunakan router, pastikan mematikan fitur DHCP pada DVR Glenz terlebih dahulu, sehingga DVR Glenz tidak langsung mendapatkan IP yang diciptakan oleh router.

3. Pastikan Port Forwarding Sudah Selesai

Port Forwarding adalah suatu teknik untuk memforward suatu koneksi yang berasal dari luar jaringan anda ke dalam jaringan lokal yang ada di rumah atau kantor kita. Port Forwarding ini juga bisa kita gunakan untuk menyebarkan atau memperluas jaringan ke internet.

Baca Juga:  Cara Nonton Bareng di Telegram: Solusi Menonton Bersama Jarak Jauh

Pastikan sudah melakukan Port Forwarding di router yang anda gunakan dan jika ada firewal pada PC/Laptop dan smartphone kamu tidak mencegah aplikasi DVR Glenz Live dari melakukan koneksi kamera CTV di jaringan internet.

DVR Glenz biasanya memiliki beberapa port yang digunakan selama koneksi. Namun, port paling penting adalah port HTTP yang standarnya 80, dan port lainnya yang digunakan adalah port HTTP default adalah 8081 atau 8080.

Penting untuk diingat bahwa port pilihan kamu harus sesuai dengan setelan pada DVR Glenz dan juga router atau modem untuk menghindari kesalahan akses dan hal itu tidak dapat menghubungkan DVR Glenz ke internet.

4. Pastikan DVR Glenz Sudah Terhubung dengan Modem atau Router

Untuk mengakses DVR Glenz dari jaringan internet, pastikan DVR Glenz sudah terhubung dengan router atau modem dengan lancar. Pastikan koneksi dari DVR Glenz ke modem atau router menggunakan kabel jaringan sebelum DSL atau Wi-Fi.

Baca Juga:  Cara Setting Google Maps Ganjil Genap

Agar dapat melakukan koneksi, pastikan bahwa masukan kabel LAN (Local Area Network) sudah terhubung dengan port LAN pada DVR Glenz. Kemudian, port lainnya harus terhubung dengan mesin computer atau perangkat yang akan digunakan untuk melakukan akses streaming.

Jika kamu menggunakan router wireless, pastikan bahwa sinyal Wi-Fi dapat di terima oleh DVR Glenz dengan baik agar resolusi kamera CCTV yang kamu pantau tidak terputus-putus pada saat melihat keadaan CCTV pada DVR Glenz di jaringan internet.

5. Pastikan Kamu Sudah Mendaftarkan DVR Glenz ke Domain

Pendaftaran DVR Glenz ke domain biasanya mengacu pada penggunaan DNS atau Dynamic Name System. Pastikan kamu telah melakukan pendaftaran DVR Glenz ke domain agar kamu bisa melakukan akses dari jaringan internet secara remote. Dalam hal ini, DNS memiliki peranan penting yaitu memetakan antara alamat IP dengan nama domain.