cara setting ipv6 di windows 7
cara setting ipv6 di windows 7

Cara Setting IPv6 di Windows 7

Untuk memeriksa apakah jaringan Anda mendukung IPv6, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Periksa di situs penyedia layanan internet (ISP)

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi penyedia layanan internet (ISP) Anda dan menanyakan apakah mereka sudah mendukung IPv6. Banyak ISP di seluruh dunia sudah mendukung IPv6, tetapi Anda perlu memastikan terlebih dahulu dengan memeriksa di situs mereka atau menghubungi layanan pelanggannya.

2. Periksa di situs khusus untuk menguji IPv6

Ada beberapa situs yang menyediakan tes untuk memeriksa apakah jaringan Anda mendukung IPv6 atau tidak. Salah satu situs yang bisa Anda gunakan adalah http://test-ipv6.com/. Ketika Anda membuka situs tersebut, maka akan dilakukan uji coba untuk melihat apakah jaringan Anda mendukung IPv6 atau tidak. Jika Anda mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa jaringan Anda mendukung IPv6, maka Anda bisa langsung melakukan setting IPv6 di Windows 7 Anda.

Baca Juga:  Cara Setting TV Sharp Aquos ke Digital

3. Periksa melalui perintah Command Prompt

Anda juga bisa memeriksa apakah jaringan Anda mendukung IPv6 melalui perintah Command Prompt. Caranya, klik Start dan ketik “cmd” di kotak pencarian. Kemudian, klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run as administrator”. Setelah itu, ketik perintah “ipconfig /all” dan tekan Enter. Kemudian, periksa apakah ada alamat IPv6 yang terdaftar pada daftar yang muncul.

Jika jaringan Anda mendukung IPv6, Anda sudah bisa langsung melakukan setting pada Windows 7 Anda. Namun, jika jaringan Anda masih menggunakan IPv4, maka Anda tidak bisa menggunakan IPv6 sampai jaringan Anda sudah di-upgrade ke IPv6 terlebih dahulu.

Sekarang, setelah Anda memastikan bahwa jaringan Anda mendukung IPv6, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan setting IPv6 pada Windows 7 Anda. Caranya akan dijelaskan pada subtopik selanjutnya.

Baca Juga:  Cara Setting Waktu di Google Form

Cara mengaktifkan IPv6 di Windows 7

IPv6 atau Internet Protocol versi 6 merupakan protokol yang dikembangkan untuk menggantikan protokol IPv4 yang mulai kekurangan alamat IP. Namun, tidak semua sistem operasi mendukung penggunaan IPv6, termasuk Windows 7.

Sebelum melakukan pengaturan IPv6 di Windows 7, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat Anda mendukung protokol ini. Jika sudah, simak cara mengaktifkan IPv6 di Windows 7 berikut ini:

1. Membuka Control Panel

Pertama-tama, buka Control Panel dengan cara menekan tombol Windows+R lalu ketik “Control Panel” pada kotak dialog dan klik OK. Atau Anda juga bisa menemukan Control Panel pada menu Start dan klik opsi tersebut.

2. Memilih Network and Sharing Center

Setelah membuka Control Panel, pilih opsi Network and Sharing Center. Anda dapat menemukannya dengan mengeklik opsi Network and Internet, kemudian pilih Network and Sharing Center.

Baca Juga:  Petugas PLN Wajib Tahu! Cara Pakai ACMT untuk Catat Meter

3. Mengaktifkan IPv6

Nah, pada tahap yang satu ini, kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan IPv6 di Windows 7. Pertama-tama, klik opsi Local Area Connection atau Wireless Network Connection sesuai dengan jenis koneksi yang Anda gunakan.

Selanjutnya, pilih Properties, lalu cari dan klik Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6). Jika belum muncul di daftar, klik terlebih dahulu opsi Install.

Setelah muncul jendela Properties untuk IPv6, centang opsi Obtain an IPv6 address automatically dan Obtain DNS server address automatically. Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.