cara setting waktu di google form
cara setting waktu di google form

Cara Setting Waktu di Google Form

Dalam mengatur waktu akhir pada Google Form, penting untuk mempertimbangkan segala kemungkinan kendala yang mungkin muncul, seperti kesalahan teknis, waktu yang diperlukan pengguna untuk menyelesaikan tugas, dan akses ke formulir. Dengan menyesuaikan batas waktu yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa pengguna memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas dan menghindari kesalahan teknis atau lainnya.

Demikianlah cara mengatur waktu akhir pada Google Form. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pengguna Formulir Google khususnya yang ingin membuat jadwal tugas yang tegas.

Mengatur Waktu Kembali pada Google Form

Google Form adalah cara yang mudah untuk memperoleh informasi dari orang lain. Namun, beberapa kali kita ingin menutup formulir agar tidak ada lagi tanggapan yang masuk dan mungkin ingin menampilkan formulir lagi dalam waktu tertentu.

Baca Juga:  Cara Setting Co-Host di Zoom

Ini bisa menjadi situasi yang sulit, terutama jika Anda terlupa untuk membuka kembali formulir pada waktu yang tepat. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu bahwa fitur waktu kembali ada di aplikasi Google Form. Nah bagi kamu yang ingin cara setting waktu di google form, simaklah selengkapnya di bawah ini.

Cara Memperoleh Waktu yang Tepat Menggunakan Google Form

Google Form memiliki fitur ‘waktu kembali’ yang memungkinkan formulir untuk tutup secara otomatis dan dibuka kembali pada waktu yang telah ditentukan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu terus-menerus memonitor formulir yang sudah ditutup.

Secara umum, ada dua cara untuk memperoleh waktu yang tepat di pengaturan waktu kembali pada Google Form. Cara pertama adalah dengan mengatur waktu yang tepat untuk formulir Anda sendiri, dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan pengaturan waktu kembali pada Google Form.

Baca Juga:  Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

1. Mengatur Waktu Kembali dengan Google Form

Untuk mengatur waktu kembali pada Google Form, Anda harus melakukan hal berikut:

  1. Log in ke akun Google Anda dan masuk ke Google Drive Anda. Cari Google Form yang ingin Anda atur waktunya.
  2. Buka Google Form dan klik pada tombol ‘Respon’. Di pojok kanan atas, klik ‘Buka kunci’. Jika diminta, masukkan sandi awal yang dibuat saat membuat formulir tersebut.
  3. Pilih ‘Tutup formulir’ dari menu dropdown. Kemudian klik ‘Pilih waktu’ untuk membuka jendela dialog dengan pengaturan waktu.
  4. Pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan. Anda dapat memilih tanggal dan waktu mulai dan waktu selesai.
  5. Klik pada tombol ‘Simpan’ saat selesai.
  6. Pilih ‘Konfirmasi’ dari menu dropdown. Kemudian klik pada tombol ‘Simpan’ lebih lanjut.
Baca Juga:  Cara Setting Assistive Touch pada iPhone

2. Pengaturan Waktu Kembali dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda peduli dengan fitur waktu kembali dan ingin meningkatkan produktivitas kerja, maka ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mempermudah pengaturan waktu kembali pada Google Form. Salah satunya adalah ‘Google Form Timer’. Aplikasi ini bisa diaktifkan pada Google Form, dan dapat mengatur waktu kembali secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain ‘Google Form Timer’, ada beberapa aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatur waktu kembali pada Google Form seperti ‘Form Scheduler by Awesome Table’, ‘Form Approvals’, dan masih banyak lagi.