Contoh Proposal PKWU
Contoh Proposal PKWU

Contoh Proposal PKWU

Proposal PKWU, atau singkatan dari Proposal Penelitian Karya Tulis Ilmiah, adalah sebuah karya tulis yang digunakan sebagai acuan dalam kegiatan penelitian. Proposal PKWU biasanya berisi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penelitian, mulai dari tujuan penelitian, pendekatan yang digunakan, sampai dengan hasil yang diharapkan. Menjadi karya tulis yang penting, proposal PKWU harus disusun secara sistematis dan terstruktur supaya mudah dibaca dan dimengerti oleh pembaca.

Pengertian Proposal PKWU

Proposal PKWU

Biasanya, proposal PKWU dibuat oleh mahasiswa yang sedang menempuh program studi Sarjana S1 atau S2 dan akan menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Akan tetapi, proposal PKWU juga bisa dibuat oleh para peneliti profesional atau akademisi yang sedang menyusun tesis atau disertasi. Menyusun proposal PKWU ini memiliki peranan penting karena menjadi salah satu persyaratan sebelum memasuki tahap pelaksanaan penelitian.

Baca Juga:  Masker Green Tea Bagus Terbaik Indonesia

Bagi mahasiswa yang masih tergolong baru dalam membuat proposal PKWU, umumnya akan merasa kesulitan saat menyusunnya. Hal ini dikarenakan sebuah proposal PKWU harus disusun dengan baik dan benar agar bisa diterima oleh dosen pembimbing maupun pewawancara. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan teknik penyusunan proposal yang baik agar proposal yang dihasilkan dapat memenuhi standar penulisan proposal yang baik dan memenuhi persyaratan.

Secara umum, sebuah proposal PKWU harus memuat beberapa hal, diantaranya:

  • Latar belakang masalah
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Kajian pustaka
  • Metode penelitian
  • Pelaksanaan penelitian
  • Hasil penelitian
  • Hipotesis

Penjelasan lengkap mengenai keseluruhan point di atas akan dijelaskan pada subbab berikutnya.

Tujuan Proposal PKWU

Proposal PKWU (Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan) adalah salah satu program dari Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang bertujuan untuk membantu mahasiswa mengembangkan kreativitas dan kewirausahaannya sehingga mampu menciptakan peluang kerja bagi dirinya sendiri dan orang lain serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Salah satu langkah untuk memulai usaha kewirausahaan adalah dengan mengajukan proposal PKWU yang baik dan menarik.

Baca Juga:  Spons Sikat Cuci Piring Bagus Indonesia: Solusi Terbaik untuk Kebersihan Dapur Anda