Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N
Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N

Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N

TP-Link WR840N adalah router yang dapat diandalkan dengan harga terjangkau. Router ini menawarkan kecepatan nirkabel hingga 300Mbps, dilengkapi dengan dua antena yang dapat disetel dan dinilai cukup stabil dalam penggunaannya.

Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk konfigurasi awal TP-Link WR840N:

Setting Koneksi Internet

Sebelum dapat menggunakan router TP-Link WR840N, pertama-tama kita harus menghubungkannya dengan modem dan memastikan bahwa koneksi internet sudah berjalan dengan baik. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi awal dan setting koneksi internet dengan router TP-Link WR840N:

  • Koneksi jaringan
    Pertama-tama, hubungkan router TP-Link WR840N dengan modem menggunakan kabel UTP.
  • Colokan daya
    Hubungkan router ke stop kontak dan nyalakan router dengan menekan tombol power.
  • Buka Browser dan Login
    Buka browser di laptop atau PC dan ketikkan alamat IP untuk masuk ke halaman konfigurasi router, yaitu http://192.168.0.1. Selanjutnya secara otomatis halaman login akan muncul. Masukkan username dan password bawaan router (default kan dijelaskan di buku panduan) dan login ke halaman konfigurasi router.
  • Pilih WAN
    Setelah berhasil login, di halaman awal akan muncul pilihan Quick Setup. Klik pilihan tersebut untuk memulai konfigurasi cepat. Selanjutnya pilih WAN Connection Type dan pilih jenis koneksi yang digunakan seperti DHCP, PPPoE, atau Static IP, dan klik Next.
  • Konfigurasi DHCP
    Jika kita menggunakan DHCP, akan muncul menu konfigurasi DHCP. Bagian ini bisa kita biarkan kosong atau kita bisa mengatur DHCP server secara manual dengan memasukkan parameter subnet mask, DNS, dan gateway. Jika tidak tahu, dapat meninggalkannya kosong. Klik Next.
  • Konfigurasi PPPoE
    Jika kita menggunakan PPPoE, akan muncul menu konfigurasi PPPoE. Pada menu ini kita harus memasukkan username dan password yang diberikan oleh ISP kita. Klik Next.
  • Konfigurasi Static IP
    Jika kita menggunakan Static IP, akan muncul menu konfigurasi Static IP. Di menu ini kita akan memasukkan parameter subnet mask, DNS, dan gateway secara manual. Klik Next.
  • Simpan Pengaturan
    Setelah mengkonfigurasi WAN, kita akan disuruh memilih Wireless Settings. Untuk konfigurasi ini, kita dapat konfigurasikan sesuai kebutuhan dan klik Next untuk menyimpan pengaturan. Dan sekarang coba browsing menggunakan wifi.
Baca Juga:  Cara Setting TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy

Demikian langkah-langkah pada konfigurasi TP-Link WR840N Bagi pemula seperti saya, semoga panduan ini berguna dan bermanfaat untuk mempermudah kita dalam melakukan konfigurasi router.

Cara Mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N

TP-Link WR840N adalah router wireless yang memiliki banyak kelebihan dan fitur yang handal. Salah satu fitur yang bisa kita atur adalah mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N. Kenapa kita harus mengubah nama SSID dan password? Biasanya, ini dilakukan agar jaringan Wi-Fi kita lebih aman dan tidak mudah ditembus oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, mengubah nama SSID juga bisa dilakukan agar kita tidak bingung saat mencari jaringan Wi-Fi milik sendiri dari jaringan Wi-Fi tetangga.

Berikut adalah cara mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N:

Masuk ke halaman konfigurasi TP-Link WR840N

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman konfigurasi TP-Link WR840N dengan membuka browser kemudian mengetikkan alamat IP router TP-Link WR840N (default adalah 192.168.0.1) pada kolom URL. Setelah itu akan muncul tampilan login yang harus diisi dengan username dan password.

Pilih menu Wireless

Setelah berhasil masuk pada halaman konfigurasi, pilih menu “Wireless” yang terletak pada bagian kiri.

Ubah Nama SSID

Setelah memilih menu Wireless, kita bisa mengubah nama SSID dengan mengetikkan nama baru pada kolom “Wireless Network Name” atau Nama SSID. Nama SSID yang baru bisa sesuai dengan keinginan kita. Contohnya seperti nama tempat tinggal, nama keluarga, atau nama lain yang mudah kita ingat.

Ubah Password Wi-Fi

Setelah mengubah Nama SSID, selanjutnya kita bisa mengubah password Wi-Fi pada TP-Link WR840N dengan memilih Encryption Type sesuai dengan keinginan dan kemudian memasukkan password baru yang kita inginkan pada kolom “Wireless Password”.

Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah nama SSID dan password Wi-Fi, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan dengan cara mengklik tombol “Save” yang berada di bagian bawah halaman konfigurasi. Tunggu sampai muncul peringatan bahwa perubahan telah disimpan dan selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka kita sudah berhasil mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N. Sekarang kita sudah memiliki jaringan Wi-Fi yang lebih aman dan mudah diingat sesuai dengan keinginan kita.

Cara Mengaktifkan Fitur Guest Network pada TP-Link WR840N

Setiap orang pasti punya pengalaman di mana tamu yang berkunjung ke rumah Anda meminta kata sandi WiFi. Tentu saja tidak semua orang ingin memberikan kata sandi WiFi rumah kepada tamu. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengaktifkan fitur Guest Network pada router WiFi Anda. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat jaringan WiFi kedua yang terpisah dari jaringan WiFi utama. Di TP-Link WR840N, mengaktifkan fitur Guest Network sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Masuk ke antarmuka pengguna

Pertama, buka peramban web di komputer atau ponsel yang terhubung ke jaringan WiFi TP-Link WR840N. Kemudian, ketik “192.168.0.1” atau “tplinkwifi.net” pada bar alamat dan tekan Enter. Ini akan membuka antarmuka pengguna TP-Link WR840N.

Baca Juga:  Cara Setting Internet Blackberry Curve

 Masuk ke halaman konfigurasi nirkabel

Setelah Anda berhasil masuk ke antarmuka pengguna TP-Link WR840N, pilih “Wireless” di panel navigasi kiri. Ini akan membuka halaman konfigurasi nirkabel.

Mengaktifkan fitur Guest Network

Pada halaman konfigurasi nirkabel, pilih “Guest Network” di bagian atas. Kemudian, pastikan fitur Guest Network diaktifkan dengan mengklik tombol “Enable Guest Network”. Anda dapat mengatur “Network Name” (SSID) dan “Password” yang akan digunakan tamu Anda untuk mengakses jaringan WiFi. Setelah selesai mengatur, klik “Save” untuk menyimpan pengaturan.

Mengonfigurasi pengaturan Guest Network

Meskipun Guest Network diaktifkan, pengguna juga dapat mengatur beberapa pengaturan lain seperti bandwidth, kontrol akses, dan waktu. Untuk mengatur pengaturan ini, pilih “Guest Network” di panel navigasi kiri dan klik “Settings” di halaman Guest Network. Pengguna dapat mengatur fitur yang akan mereka gunakan di jaringan tamu. Setelah menyelesaikan pengaturan, klik “Save” untuk menyimpan pengaturan.

Selesai

Kini Anda telah berhasil mengaktifkan fitur Guest Network pada TP-Link WR840N. Setiap tamu yang berkunjung ke rumah Anda dapat terhubung ke jaringan WiFi kedua ini tanpa perlu mengetahui kata sandi WiFi utama Anda. Fitur ini sangat membantu karena tamu Anda bisa tetap menggunakan internet tanpa harus tahu kata sandi WiFi Anda, serta memastikan jaringan utama terjaga keamanannya.

Konfigurasi Port Forwarding di TP-Link WR840N

Port Forwarding adalah sebuah cara untuk mengizinkan akses ke suatu perangkat pada jaringan lokal melalui internet yang terhubung dengan router. Konfigurasi Port Forwarding di TP-Link WR840N memungkinkan pengguna untuk membuka akses ke situs web, server, aplikasi, dan perangkat lain yang biasanya terletak di jaringan lokal, dari jaringan luar atau internet. Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk mengkonfigurasi Port Forwarding di TP-Link WR840N.

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke router Anda. Buka browser web dan ketik alamat IP default router Anda di bilah alamat URL. Alamat default TP-Link WR840N adalah http://192.168.0.1. Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi.

Langkah Kedua

Ketika Anda login ke router, klik “Forwarding” pada menu utama kemudian pilih “Virtual Servers”. Kemudian, aktifkan “Enable” Port Forwarding dengan memilih “On”.

Langkah Ketiga

Anda akan melihat bagian yang berbeda dari router. Sekarang, langkah yang harus Anda lakukan adalah menambahkan Virtual Server baru dengan mengklik tombol “Add New” di bagian Virtual Servers.

Langkah Keempat

Sekarang, Anda perlu mengisi informasi tentang server yang ingin Anda buka akses ke internet. Di sini, Anda harus memasukkan port yang ingin Anda buka (Port Luar), protokol yang ingin Anda gunakan (TCP atau UDP), alamat IP lokal komputer atau server, dan port lokal untuk koneksi yang masuk.

Contoh: Jika Anda ingin membuka akses ke web server lokal, maka masukkan port 80, TCP sebagai protokol, alamat IP lokal server, dan port 80 untuk koneksi masuk.

Langkah Kelima

Sekarang, setelah Anda mengonfigurasi Virtual Server baru, klik tombol “Save” di bagian bawah layar. Router akan memeriksa konfigurasi dan mengaktifkan Port Forwarding jika konfigurasi benar.

Baca Juga:  Cara Setting Jam Tangan Digital Lasika

Langkah Keenam

Setelah Anda selesai dengan langkah-langkah di atas, kembali ke menu Port Forwarding untuk melihat daftar port forwarding yang telah Anda buat di TP-Link WR840N. Di sini, Anda dapat menambah, menghapus, atau memodifikasi konfigurasi Port Forwarding.

Dengan itu, Anda telah berhasil mengonfigurasi Port Forwarding di TP-Link WR840N dan membuka akses dari internet ke server atau perangkat di jaringan lokal Anda. Pastikan Anda memeriksa bahwa semua informasi yang Anda masukkan sudah benar. Hal ini akan membantu Anda menghindari masalah akses yang tidak menyenangkan.

Cara Mengaktifkan Parental Control pada TP-Link WR840N

Apakah kamu memiliki anak kecil yang seringkali mengakses internet menggunakan router TP-Link WR840N? Jika iya, kamu memerlukan fitur parental control untuk mengontrol dan membatasi akses anakmu ke konten-konten tertentu di internet.

Parental control pada TP-Link WR840N dapat membantumu untuk mengatur jadwal akses bagi setiap anak, memberikan batasan waktu dalam mengakses internet, serta memblokir situs yang tidak pantas untuk anak-anak. Berikut adalah panduan lengkap untuk cara mengaktifkan parental control pada TP-Link WR840N:

1. Masuk ke Halaman Admin

Sebelum mengaktifkan parental control, kamu harus masuk ke halaman admin pada router TP-Link WR840N terlebih dahulu. Buka browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan ketikkan alamat IP router pada address bar. IP default untuk TP-Link WR840N adalah 192.168.0.1. Tekan tombol “Enter” untuk membuka halaman admin TP-Link. Masukkan username dan password untuk masuk ke halaman admin TP-Link.

2. Pilih Fitur Parental Control

Selanjutnya, setelah berhasil masuk ke halaman admin TP-Link, pilih tab “Parental Control” di bagian atas halaman. Pada tab ini, kamu dapat melakukan pengaturan parental control pada TP-Link WR840N.

3. Buat Profil Parental Control

Selanjutnya, klik pada opsi “Add New” di halaman parental control. Kemudian, beri nama pada profil kontrol parental tersebut dan klik tombol “Save”.

4. Sesuaikan Jadwal Akses Internet

Pada menu “Access Time”, kamu dapat mengatur jadwal akses internet untuk setiap profil kontrol parental yang kamu buat. Pilih hari dan waktu untuk membatasi akses internet anakmu. Kamu bisa menerapkan pengaturan ini pada semua komputer dan perangkat yang terhubung ke TP-Link WR840N.

5. Blokir Situs Tidak Pantas

Menu “Website Filtering” memungkinkan kamu untuk membatasi akses ke situs-situs tertentu yang tidak pantas untuk anak-anak. Kamu dapat memasukkan daftar situs web yang dianggap tidak pantas dan memblokir akses ke situs tersebut. Selain itu, TP-Link WR840N juga menyertakan opsi untuk memilih daftar situs web yang tidak pantas yang sudah ditentukan oleh penyedia layanan.

Dengan mengaktifkan fitur parental control pada TP-Link WR840N, kamu dapat mengendalikan dan membatasi akses anakmu ke internet. Pastikan juga bahwa kamu mengeksekusi pengaturan parental control ini dengan benar dan merinci agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.