Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N
Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N

Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N

TP-Link WR840N adalah router yang dapat diandalkan dengan harga terjangkau. Router ini menawarkan kecepatan nirkabel hingga 300Mbps, dilengkapi dengan dua antena yang dapat disetel dan dinilai cukup stabil dalam penggunaannya.

Langkah-langkah Konfigurasi TP-Link WR840N

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk konfigurasi awal TP-Link WR840N:

Setting Koneksi Internet

Sebelum dapat menggunakan router TP-Link WR840N, pertama-tama kita harus menghubungkannya dengan modem dan memastikan bahwa koneksi internet sudah berjalan dengan baik. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi awal dan setting koneksi internet dengan router TP-Link WR840N:

  • Koneksi jaringan
    Pertama-tama, hubungkan router TP-Link WR840N dengan modem menggunakan kabel UTP.
  • Colokan daya
    Hubungkan router ke stop kontak dan nyalakan router dengan menekan tombol power.
  • Buka Browser dan Login
    Buka browser di laptop atau PC dan ketikkan alamat IP untuk masuk ke halaman konfigurasi router, yaitu http://192.168.0.1. Selanjutnya secara otomatis halaman login akan muncul. Masukkan username dan password bawaan router (default kan dijelaskan di buku panduan) dan login ke halaman konfigurasi router.
  • Pilih WAN
    Setelah berhasil login, di halaman awal akan muncul pilihan Quick Setup. Klik pilihan tersebut untuk memulai konfigurasi cepat. Selanjutnya pilih WAN Connection Type dan pilih jenis koneksi yang digunakan seperti DHCP, PPPoE, atau Static IP, dan klik Next.
  • Konfigurasi DHCP
    Jika kita menggunakan DHCP, akan muncul menu konfigurasi DHCP. Bagian ini bisa kita biarkan kosong atau kita bisa mengatur DHCP server secara manual dengan memasukkan parameter subnet mask, DNS, dan gateway. Jika tidak tahu, dapat meninggalkannya kosong. Klik Next.
  • Konfigurasi PPPoE
    Jika kita menggunakan PPPoE, akan muncul menu konfigurasi PPPoE. Pada menu ini kita harus memasukkan username dan password yang diberikan oleh ISP kita. Klik Next.
  • Konfigurasi Static IP
    Jika kita menggunakan Static IP, akan muncul menu konfigurasi Static IP. Di menu ini kita akan memasukkan parameter subnet mask, DNS, dan gateway secara manual. Klik Next.
  • Simpan Pengaturan
    Setelah mengkonfigurasi WAN, kita akan disuruh memilih Wireless Settings. Untuk konfigurasi ini, kita dapat konfigurasikan sesuai kebutuhan dan klik Next untuk menyimpan pengaturan. Dan sekarang coba browsing menggunakan wifi.
Baca Juga:  Cara Mengembalikan Warna Layar HP Oppo yang Hitam Putih

Demikian langkah-langkah pada konfigurasi TP-Link WR840N Bagi pemula seperti saya, semoga panduan ini berguna dan bermanfaat untuk mempermudah kita dalam melakukan konfigurasi router.

Cara Mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N

TP-Link WR840N adalah router wireless yang memiliki banyak kelebihan dan fitur yang handal. Salah satu fitur yang bisa kita atur adalah mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N. Kenapa kita harus mengubah nama SSID dan password? Biasanya, ini dilakukan agar jaringan Wi-Fi kita lebih aman dan tidak mudah ditembus oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, mengubah nama SSID juga bisa dilakukan agar kita tidak bingung saat mencari jaringan Wi-Fi milik sendiri dari jaringan Wi-Fi tetangga.

Baca Juga:  Cara Setting Jam G-Shock KW

Berikut adalah cara mengubah Nama SSID dan Password Wi-Fi pada TP-Link WR840N:

Masuk ke halaman konfigurasi TP-Link WR840N

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman konfigurasi TP-Link WR840N dengan membuka browser kemudian mengetikkan alamat IP router TP-Link WR840N (default adalah 192.168.0.1) pada kolom URL. Setelah itu akan muncul tampilan login yang harus diisi dengan username dan password.

Pilih menu Wireless

Setelah berhasil masuk pada halaman konfigurasi, pilih menu “Wireless” yang terletak pada bagian kiri.

Ubah Nama SSID

Setelah memilih menu Wireless, kita bisa mengubah nama SSID dengan mengetikkan nama baru pada kolom “Wireless Network Name” atau Nama SSID. Nama SSID yang baru bisa sesuai dengan keinginan kita. Contohnya seperti nama tempat tinggal, nama keluarga, atau nama lain yang mudah kita ingat.

Baca Juga:  Cara Setting Spotlight Vray Sketchup

Ubah Password Wi-Fi

Setelah mengubah Nama SSID, selanjutnya kita bisa mengubah password Wi-Fi pada TP-Link WR840N dengan memilih Encryption Type sesuai dengan keinginan dan kemudian memasukkan password baru yang kita inginkan pada kolom “Wireless Password”.

Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah nama SSID dan password Wi-Fi, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan dengan cara mengklik tombol “Save” yang berada di bagian bawah halaman konfigurasi. Tunggu sampai muncul peringatan bahwa perubahan telah disimpan dan selesai.