Cara Ngeblur Wajah di Instagram Menggunakan Fitur IG : Panduan Lengkap

Filter wajah juga dapat digunakan untuk menghilangkan kekurangan pada wajah seperti jerawat atau mata panda. Filter wajah sangat membantu kamu yang ingin tampil percaya diri di IG namun sedikit minder dengan kekurangan pada wajah.

Terdapat berbagai jenis filter wajah seperti efek hewan, efek karakter dan efek kecantikan. Selain mempercantik tampilan wajah, filter wajah juga dapat memperlihatkan kreativitasmu seperti menambahkan topi, kacamata atau filter lain yang keren.

Nah itulah cara memblur wajah di IG dengan menggunakan filter wajah. Selain itu, filter wajah juga dapat digunakan untuk menambah keseruan dalam unggahan Instagrammu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!

Menyamarkan Wajah Menggunakan Fitur Fokus

Fitur fokus di Instagram memungkinkan pengguna untuk memilih objek tertentu pada foto dan membuat latar belakang menjadi buram atau kabur. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menyoroti objek pada foto meskipun wajah mereka terlihat jelas.

Langkah pertama untuk memanfaatkan fitur fokus adalah dengan membuka aplikasi Instagram dan mengambil foto dengan menekan tombol “+” di bagian bawah layar. Setelah itu, pilih opsi “Fokus” di bawah layar dan arahkan kamera pada objek yang ingin disorot.

Ada beberapa tips untuk menghasilkan foto blur yang sempurna melalui fitur fokus di Instagram. Ini adalah beberapa tipsnya:

1. Pastikan Cahaya yang Cukup

Untuk memastikan pengambilan foto yang optimal, pastikan untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang cukup. Fotografi dengan cahaya yang baik akan memungkinkan efek blur di latar belakang menjadi lebih nyata dan memperkuat efek dari fitur fokus.

2. Pilih Objek yang Jelas dan Terlihat Jelas

Pilih objek yang menarik dan jelas untuk diambil gambarnya. Pilih objek yang memiliki detail atau tekstur di wajah agar kejelasan fokus dan blur di balance. Pastikan bahwa objek yang diambil gambar juga terlihat jelas dan mudah diisolasi dari latar belakangnya.

Baca Juga:  Cara Setting Hotspot di Mikrotik RB750

3. Lebih Dekat dengan Objek

Bergeraklah lebih dekat pada objek yang ingin difokuskan pada suatu gambar. Dengan mendekat ke objek, pengguna akan mengecilkan ruang latar belakang yang akan memudahkan penerapan blur pada fitur fokus Instagram. Ini akan meningkatkan kualitas gambar dengan fitur fokus yang lebih ditekankan pada objek.

4. Sewa Professional Photographer

Bagi pengguna Instagram yang ingin menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik, ada opsi untuk menggunakan jasa profesional fotografer. Fotografer yang berpengalaman dapat membantu menghasilkan gambar yang ciamik dengan fitur fokus Instagram pada objek yang diambil gambar. Selain itu, fotografer juga dapat membantu meningkatkan cahaya dan angle kamera agar gambar tersebut terlihat semakin menarik dan memukau.

Dengan memanfaatkan tips di atas, pengguna Instagram bisa menghasilkan gambar blur dengan fitur fokus yang mengesankan dan menarik.

Membuat Efek Bokeh pada Foto Wajah

Jika kamu ingin memposting foto wajah di Instagram tapi merasa kurang percaya diri dengan wajahmu yang kurang mulus, kamu dapat mencoba membuat efek bokeh pada foto wajahmu. Efek bokeh dapat membuat latar belakang foto menjadi buram, sehingga fokusnya hanya pada wajahmu.

Untuk membuat efek bokeh, kamu dapat menggunakan aplikasi edit foto seperti Adobe Lightroom, Photoshop, atau aplikasi edit foto lainnya. Namun, jika kamu ingin mencoba cara yang lebih sederhana, kamu dapat mencoba menggunakan fitur bawaan di kamera smartphonemu.

Cara Membuat Efek Bokeh pada Foto Wajah dengan Kamera Smartphone

  1. Pastikan kamera smartphonemu memiliki fitur kamera ganda atau portait mode. Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengambil foto dengan efek bokeh.
  2. Pilih mode portrait atau close-up pada kamera smartphonemu. Mode ini dapat membantu kamu dalam mengambil foto dengan fokus hanya pada wajah.
  3. Sediakan background yang buram atau memberikan efek bokeh secara alami seperti lampu-lampu kecil.
  4. Letakkan wajahmu di depan kamera smartphone. Pastikan jarak antara wajahmu dan kamera smartphone cukup dekat untuk memperoleh efek bokeh.
  5. Pastikan fokus kamera smartphonemu berada pada wajahmu. Jika perlu, fokuskan dengan mengetuk pada area wajah yang ingin difokuskan.
  6. Ambil foto dengan menekan tombol shutter pada kamera smartphonemu. Tunggu sejenak hingga hasil foto muncul.

Cara di atas dapat membantu kamu dalam membuat efek bokeh pada foto wajahmu secara sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi edit foto.

Beberapa aplikasi edit foto seperti Adobe Lightroom dan Photoshop memiliki fitur yang dapat membantu kamu dalam membuat efek bokeh pada foto. Namun, jika kamu tidak memiliki kedua aplikasi tersebut, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi edit foto gratis seperti Snapseed atau Picsart.

Cara Membuat Efek Bokeh pada Foto Wajah dengan Aplikasi Edit Foto

  1. Pertama-tama, unduh aplikasi edit foto yang ingin kamu gunakan di smartphone. Jika kamu berlangganan layanan Adobe Creative Cloud, kamu dapat mengunduh aplikasi Adobe Lightroom gratis di smartphonemu.
  2. Buka aplikasi edit foto yang sudah kamu unduh dan impor foto wajahmu ke dalam aplikasi.
  3. Pilih tool blur atau efek bokeh pada aplikasi tersebut. Hampir semua aplikasi edit foto memiliki fitur blur atau efek bokeh.
  4. Buat layer blur pada background foto wajahmu dan sesuaikan dengan keinginanmu. Pastikan layer blur tidak merusak tampilan wajah.
  5. Setelah selesai, kamu dapat menyimpan foto hasil editanmu dan siap untuk diunggah ke Instagram.
Baca Juga:  Chord Happy Birthday Pamungkas di Gitar

Dengan cara sederhana di atas, kamu dapat membuat efek bokeh pada foto wajahmu. Selain membuat wajahmu tampak lebih menarik, efek bokeh juga bisa memperindah tampilan foto secara keseluruhan. Kamu dapat mencoba menggunakan cara di atas dan berkreasi dengan foto wajahmu tanpa harus menjadi ahli dalam editing foto.

Tips Tambahan untuk Efek Ngeblur yang Lebih Menakjubkan

1. Gunakan Filter yang Tepat

Setelah menerapkan efek ngeblur pada wajah Anda, cobalah menggunakan filter yang tepat untuk memperkuat kesan dan suasana foto. Instagram menawarkan berbagai filter yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi dan gaya Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai filter dan lihatlah perbedaannya.

2. Pertimbangkan Kombinasi dengan Efek Lain

Selain efek ngeblur, Anda juga dapat mencoba mengombinasikannya dengan efek lain yang tersedia di Instagram. Misalnya, Anda bisa menambahkan sedikit kecerahan, kontras, atau penyesuaian warna untuk memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada foto Anda. Cobalah untuk bermain-main dengan berbagai efek dan lihatlah perubahan yang terjadi.

3. Perhatikan Komposisi Foto

Selain efek dan filter, penting untuk memperhatikan komposisi foto Anda. Pastikan wajah yang diblur tetap menjadi fokus utama dalam foto, sementara unsur-unsur lainnya tidak mengalihkan perhatian. Anda dapat menggunakan prinsip-prinsip fotografi seperti aturan sepertiga atau garis panduan komposisi lainnya untuk menciptakan foto yang estetis dan menarik.

4. Eksperimen dengan Kedalaman Bidang

Salah satu cara untuk mempertajam efek ngeblur adalah dengan memainkan kedalaman bidang dalam foto Anda. Cobalah untuk mengambil foto dengan latar belakang yang lebih jauh atau menggunakan objek lain di sekitarnya untuk menciptakan kedalaman bidang yang menarik. Dengan cara ini, wajah yang diblur akan terlihat lebih jelas dan menonjol.

5. Jaga Kualitas Foto Asli

Saat mengedit foto dan menerapkan efek ngeblur, penting untuk tetap mempertahankan kualitas asli foto. Pastikan foto tetap terlihat tajam dan tidak terlalu terdistorsi oleh efek yang digunakan. Jika perlu, periksa kembali foto Anda setelah menerapkan efek dan pastikan tidak ada kehilangan detail penting.

6. Gunakan Aplikasi Edit Foto Tambahan

Selain fitur edit di Instagram, Anda juga dapat mencoba aplikasi edit foto tambahan yang menyediakan lebih banyak opsi dan kontrol. Beberapa aplikasi populer seperti VSCO, Snapseed, atau Adobe Lightroom dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih kustomisasi dan profesional. Eksplorasilah berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi-aplikasi tersebut dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Cara Setting NoxPlayer Agar Tidak Lag

Membuat Kolase dengan Wajah yang Diblur

Bagi pengguna Instagram, blur atau memcacak gambar wajah paling sering digunakan untuk melindungi privasi atau untuk memberi efek yang unik pada foto. Salah satu cara untuk menghasilkan efek blur pada foto adalah dengan membuat kolase. Cara ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kolase dengan wajah yang diblur.

1. Pilih Aplikasi Kolase

Langkah pertama adalah dengan memilih aplikasi kolase yang disukai. Ada banyak aplikasi kolase yang dapat digunakan di smartphone Anda seperti Layout, Canva, dan Unfold. Setelah melakukan instalasi, buka aplikasi dan masukkan foto yang ingin digunakan.

2. Tentukan Ukuran Kolase

Selanjutnya, tentukan ukuran kolase yang diinginkan sesuai dengan selera atau tema yang ingin dihasilkan. Setelah memilih model kolase yang diinginkan, Anda dapat mulai menambahkan foto serta mengatur posisi dan ukuran gambar. Pastikan untuk memastikan bahwa gambar diatur agar terlihat simetris.

3. Pilih Foto untuk Dimasukkan dalam Kolase

Setelah menentukan ukuran kolase, selanjutnya pilih foto yang ingin dijadikan sebuah kolase. Pilih gambar yang relevan dengan tema kolase atau gambar yang ingin dipamerkan di Instagram. Pastikan gambar telah diolah terlebih dahulu melalui aplikasi edit foto seperti mengatur pencahayaan atau memperbaiki kontras.

 4. Blur atau Cacat Foto

Nah, untuk menambahkan efek blur pada foto, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi edit foto yang tersedia seperti PicsArt atau Photoshop Express. Atau jika ingin lebih praktis, cukup dengan menggukan aplikasi blur foto di layanan kolase itu sendiri.

Caranya, klik gambar yang ingin diblur. Pilih fitur blur dan geser setingan blur sejauh yang diinginkan. Setelah itu, akan muncul efek blur pada gambar yang dipilih. Pastikan Anda telah memilih titik mana yang hendak diblur pada gambar. Anda juga dapat menambahkan filter pada gambar agar terlihat lebih menarik.

5. Tambahkan Teks dan Stiker

Jika ingin menambahkan teks atau stiker pada kolase, maka langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan elemen-desain. Anda dapat memilih teks atau stiker yang disukai di layanan kolase tersebut. Atau jika ingin lebih kreatif, Anda dapat membuat elemen desain sendiri.

Terakhir, simpan hasil kolase dengan mengklik tombol save. Anda dapat memamerkan kolase cantik yang telah dibuat di Instagram. Menggunakan teknik blur atau cacat pada foto dapat menambah efek unik pada foto dan akan membuat foto yang dihasilkan terlihat menarik dan tidak membosankan.

Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memblur Wajah di IG

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini kita dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi pihak ketiga untuk memblur wajah di Instagram (IG). Fitur ini bisa sangat membantu pengguna yang ingin tetap mengunggah konten tanpa harus memberikan jelas identitas diri atau orang lain yang tertangkap kamera.