Cara Menghubungkan modem Advan Jetz ke listrik dan ponsel
Cara Menghubungkan modem Advan Jetz ke listrik dan ponsel

Cara Menghubungkan modem Advan Jetz ke listrik dan ponsel

Itulah beberapa langkah cara setting modem Advan Jetz untuk mengkonfigurasi jaringan internet. Penting untuk menyimpan pengaturan agar koneksi Internet dapat stabil dan aman. Selamat mencoba!

Setting Wi-Fi pada modem Advan Jetz

Modem Advan Jetz merupakan modem portable yang simpel dan mudah digunakan. Modem ini dapat digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan teknologi 4G/LTE. Modem ini dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi sehingga memudahkan penggunanya untuk terhubung ke internet dengan perangkat lain melalui jaringan Wi-Fi.

Berikut adalah langkah-langkah cara setting Wi-Fi pada modem Advan Jetz:

  1. Hubungkan Modem ke Perangkat
    Pertama-tama, hubungkan modem Advan Jetz ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel USB yang sudah disediakan. Kemudian, nyalakan modem Advan Jetz dengan menekan tombol power yang ada di samping modem.
  2. Buka Browser Internet
    Setelah nyalakan modem Advan Jetz, buka browser internet seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  3. Masukan Alamat IP
    Pada kolom address bar, ketikkan alamat IP modem Advan Jetz, yaitu 192.168.8.1. Selanjutnya, tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Login Ke Modem
    Setelah berhasil membuka alamat IP modem Advan Jetz, halaman login akan muncul. Selanjutnya, masukan username dan password yang sudah disediakan untuk log in. Standar username dan password untuk modem Advan Jetz adalah “admin”. Setelah berhasil login, halaman set up modem akan terbuka.
  5. Pilih Menu “Wireless”
    Pada halaman set up modem, pilih menu “Wireless” untuk mengatur konfigurasi jaringan Wi-Fi pada modem Advan Jetz. Di halaman ini, pengguna dapat mengatur nama SSID dan password untuk mengamankan jaringan Wi-Fi.
  6. Isikan Nama SSID
    Pada kolom “Wi-Fi Name (SSID)”, isikan nama SSID yang diinginkan. SSID ini akan muncul pada perangkat lain ketika ingin terhubung ke jaringan Wi-Fi Advan Jetz.
  7. Masukkan Password
    Pada kolom “Wi-Fi Password”, masukkan password yang diinginkan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi. Pastikan password yang diinginkan kuat dan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol. Hal ini akan memperkuat keamanan jaringan Wi-Fi.
  8. Simpan Pengaturan
    Setelah mengisi nama SSID dan password, klik tombol “Apply” untuk menyimpan pengaturan. Tunggu beberapa saat hingga modem Advan Jetz memproses pengaturan tersebut. Setelah selesai, Wi-Fi pada modem Advan Jetz telah berhasil diatur dengan baik.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Mual: Tips dan Tutorial Lengkap

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah mengatur pengaturan jaringan Wi-Fi pada modem Advan Jetz. Hal ini memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan perangkat lain dan menjelajahi internet dengan nyaman dan aman.

Mengubah nama & password Wi-Fi pada modem Advan Jetz

Modem Advan Jetz merupakan modem yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Tentunya, pengguna ingin mengamankan jaringan Wi-Fi di rumah mereka sebagai upaya mencegah orang yang tidak bertanggung jawab mengakses jaringan Wi-Fi mereka.

Mengganti nama dan password Wi-Fi pada modem Advan Jetz sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge.
  2. Ketikkan alamat 192.168.1.1 pada kolom URL atau kolom pencarian.
  3. Masukkan nama pengguna dan kata sandi secara benar. Biasanya nama pengguna dan kata sandi default dari modem Advan Jetz adalah admin.
  4. Mengganti nama Wi-Fi

Setelah berhasil masuk ke menu modem Advan Jetz, langkah selanjutnya adalah mengubah nama Wi-Fi. Nama Wi-Fi default pada modem Advan Jetz adalah Advan Jetz, tetapi Anda dapat mengubahnya menjadi nama Wi-Fi yang Anda inginkan. Berikut langkah-langkah mengubah nama Wi-Fi pada modem Advan Jetz:

  1. Pada menu utama modem, pilih opsi Wireless.
  2. Pada submenu Wireless, pilih opsi Basic Settings.
  3. Pada kolom SSID, masukkan nama Wi-Fi yang diinginkan. Pastikan nama Wi-Fi yang baru mudah diingat dan tidak membingungkan.
  4. Klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan.
Baca Juga:  Cara Setting Kamera Video Call WhatsApp yang Optimal untuk Hasil Terbaik di Indonesia

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, nama Wi-Fi pada modem Advan Jetz Anda sudah berhasil diganti. Selanjutnya, kita akan mengubah password Wi-Fi.

  1. Mengganti password Wi-Fi

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengubah password Wi-Fi pada modem Advan Jetz. Berikut cara melakukan perubahan password Wi-Fi:

  1. Pada menu utama modem, pilih opsi Wireless.
  2. Pada submenu Wireless, pilih opsi Security Settings.
  3. Pada kolom WPA/WAPI passphrase, masukkan password baru yang diinginkan.
  4. Klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, password Wi-Fi pada modem Advan Jetz Anda sudah berhasil diganti. Pastikan Anda mengingat password yang baru agar tidak lupa saat hendak mengakses jaringan Wi-Fi Anda di rumah.

Itulah langkah-langkah mudah untuk mengubah nama dan password Wi-Fi pada modem Advan Jetz. Pastikan Anda selalu mengamankan jaringan Wi-Fi di rumah agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Mengatur port forwarding pada modem Advan Jetz

Port forwarding adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengarahkan lalu lintas internet dari port eksternal tertentu ke alamat IP internal tertentu dalam jaringan Anda. Misalnya, jika Anda ingin meng-host server game di jaringan Anda, Anda harus mengatur port forwarding untuk mengarahkan lalu lintas internet yang masuk ke port tertentu ke alamat IP internal server game Anda. Pada artikel ini, kami akan membahas cara mengatur port forwarding pada modem Advan Jetz.

  • Buka browser web Anda dan masukkan alamat IP modem Advan Jetz di bar alamat (biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1). Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke antarmuka pengguna modem.
  • Setelah masuk ke antarmuka pengguna, cari opsi “Port Forwarding” atau “Virtual Server” dalam menu pengaturan.
  • Klik opsi “Tambah Port Forwarding” atau “Tambah Virtual Server” untuk membuat konfigurasi port forwarding baru.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan informasi detail tentang port forwarding, seperti nomor port eksternal, alamat IP internal host yang akan menerima lalu lintas, dan protokol yang digunakan. Pastikan untuk memasukkan informasi yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi “DMZ Host” untuk mengarahkan semua lalu lintas ke alamat IP yang dipilih, di mana host dalam keadaan terbuka dan tidak terlindungi. Namun, fitur ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati karena dapat meningkatkan risiko keamanan jaringan Anda.
  • Setelah mengonfigurasi port forwarding, klik opsi “Simpan” atau “Terapkan” untuk menyimpan konfigurasi dan memperbarui pengaturan modem.
  • Kemudian, pastikan bahwa firewall di modem Anda tidak memblokir lalu lintas yang masuk ke port yang Anda buka untuk port forwarding. Anda juga dapat menguji port forwarding dengan mencoba mengakses host internal Anda dari internet melalui nomor port yang Anda buka.
Baca Juga:  Cara Setting Remote AC Daikin agar Lebih Dingin

Perlu diingat bahwa cara mengatur port forwarding dapat bervariasi tergantung pada jenis dan merek modem yang digunakan. Namun, prinsip dasar konfigurasi port forwarding akan tetap sama.