Cara Setting Virtual Background Zoom

Cara Setting Virtual Background Zoom – Zoom adalah aplikasi video conference yang telah populer di kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja sejak pandemi COVID-19. Zoom menjadi aplikasi pilihan karena mudah digunakan dan mempunyai berbagai fitur menarik, salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah virtual background.

Dengan virtual background, pengguna Zoom dapat memunculkan latar belakang yang unik dan menarik pada saat melakukan video conference. Meski fitur virtual background populer, beberapa pengguna Zoom masih belum mengetahui cara setting virtual background zoom. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan mengulas cara mengaktifkan fitur virtual background pada Zoom.

Memastikan Fitur Virtual Background Tersedia di Zoom

Sebelum mencoba cara setting virtual background zoom, ada baiknya mengecek terlebih dahulu apakah fitur ini tersedia di aplikasi Zoom Anda, karena pada beberapa kasus, Zoom tidak menyediakan fitur virtual background pada versi aplikasi yang lebih lama atau pada smartphone.

Baca Juga:  Cara Setting Wifi First Media Cisco

Fitur virtual background hanya tersedia pada versi Zoom 4.6.0 atau yang lebih baru pada desktop dan laptop. Bagi pengguna Zoom di smartphone, fitur virtual background hanya tersedia pada smartphone yang mempunyai spesifikasi dan kapasitas yang memadai.

Untuk mengecek tersedianya fitur virtual background pada desktop atau laptop, kamu bisa melakukan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom di desktop atau laptopmu.
  2. Klik tombol settings pada aplikasi Zoom.
  3. Pilih virtual background pada menu settings.

Jika menu virtual background tidak muncul pada aplikasi Zoom desktop atau laptop, kemungkinan aplikasi Zoom yang kamu gunakan masih versi lama. Agar dapat menggunakn fitur virtual background, kamu harus membuka link download Zoom terbaru pada website resmi Zoom.

Baca Juga:  Cara Setting Modem Fiber Optik Speedy

Sedangkan untuk pengguna Zoom pada smartphone, kamu dapat mengecek tersedianya fitur virtual background pada Zoom dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom pada smartphone.
  2. Buka menu settings pada aplikasi Zoom.
  3. Pilih meeting pada menu settings.
  4. Cari opsi virtual background pada menu meeting, jika opsi ini tidak tersedia, kemungkinan smartphone yang digunakan tidak memungkinkan penggunaan fitur virtual background.

Cara Setting Virtual Background Zoom

Mengubah Opasitas Virtual Background pada Zoom

Jika pengguna Zoom sudah memastikan bahwa fitur virtual background tersedia, pengguna dapat langsung mencoba cara setting virtual background zoom sesuai dengan panduan Zoom berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom di desktop atau laptop / smartphone.
  2. Klik tombol settings pada aplikasi Zoom.
  3. Pilih virtual background pada menu settings.
  4. Pilih salah satu gambar yang disediakan di Zoom atau tambahkan gambar virtual background sendiri dengan mengklik tombol + pada pojok kanan atas.
  5. Cara menambahkan gambar virtual background sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, gambar harus berupa file JPEG, PNG, atau BMP dan tidak melebihi ukuran 5MB. Kedua, gambar disarankan dengan ukuran 1920 x 1080 piksel atau dengan rasio aspek 16:9
  6. Setelah memilih gambar virtual background, zoom akan menunjukkan preview virtual background, apabila sudah sesuai, klik tombol save untuk menyimpan pengaturan tersebut.
Baca Juga:  Cara Mengembalikan Google Play Store yang Hilang di Android

Itulah panduan singkat mengenai cara setting virtual background zoom pada desktop atau laptop maupun smartphone. Dengan virtual background, video conference dengan Zoom akan terasa lebih menyenangkan. Terakhir, pastikan kamu tidak menggunakan gambar yang tidak pantas atau tidak etis agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau masalah pada saat video conference.

Memilih Gambar Virtual Background yang Tepat

Saat mengadakan rapat atau pertemuan melalui aplikasi Zoom, kamu dapat memanfaatkan fitur virtual background untuk memberikan suasana yang lebih menarik.