Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

5 Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root – Untuk kalian yang senang menginstal Custom ROM dan suka oprek-oprek Android, root memang menjadi hal yang sangat penting. Tapi, selain bermanfaat, root juga punya efek samping yang cukup ngeselin, seperti bootloop dan kehilangan garansi.

Banyak pengguna HP Android yang bertanya-tanya, “Kalau kita reset pabrik, apakah rootnya hilang?” Nah, sebenarnya kita dengan mudah bisa mencari tutorial cara root berbagai tipe HP Android di internet. Tapi sayangnya, kebanyakan tutorial tersebut gak memberitahukan cara unroot-nya.

Ada beberapa situasi di mana kita harus tahu cara unroot HP Android. Kadang-kadang ada beberapa aplikasi yang ngambek dan gak mau jalan di HP Android yang udah diroot. Makanya, di postingan kali ini, SimakTekno bakal kasih panduan cara mengembalikan HP yang udah diroot ke setelan pabrik. Jadi, jangan buru-buru panik dulu kalau HP kamu udah diroot, ada jalan keluarnya kok!

Baca Juga:  Cara Setting Assistive Touch pada iPhone

Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Unroot adalah proses untuk menutup akses root pada HP Android dan mengembalikannya ke kondisi awal. Dengan kata lain, proses ini akan menghapus root dari sistem file.

Kadang-kadang, ada kasus di mana HP tidak di-root tetapi terdeteksi sebagai rooted. Hal ini biasanya terjadi ketika aplikasi root hilang, tetapi sistem file masih dalam keadaan rooted.

Sebelum kita melangkah ke panduan cara mengembalikan HP yang sudah di-root, ada beberapa manfaat dari unroot yang perlu kamu ketahui:

  1. Mengembalikan HP Android ke pengaturan default pabrik.
  2. Jika kamu ingin mengajukan klaim garansi HP Android, kamu perlu melakukan unroot terlebih dahulu.
  3. Unroot dapat membantu mencegah kerusakan seperti terkena virus pada HP yang sudah di-root.
  4. HP Android yang sudah di-root umumnya tidak akan mendapatkan pembaruan sistem melalui Over-The-Air (OTA). Oleh karena itu, agar bisa menerima notifikasi pembaruan sistem, kamu perlu mengembalikan HP yang sudah di-root ke pengaturan pabrik.
Baca Juga:  Cara Ngeblur Wajah di Instagram Menggunakan Fitur IG : Panduan Lengkap

Jadi, jika kamu menemui masalah dengan HP yang sudah di-root, unroot bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan melakukan unroot, HP kamu akan kembali seperti semula tanpa akses root yang potensial menyebabkan masalah.

Terdapat beberapa cara unroot HP Android yang akan dijelaskan dalam tutorial ini, dan dapat diterapkan pada hampir semua tipe dan merek HP Android, mulai dari Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Lenovo, Huawei, dan lainnya.

Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan proses unroot. Selain itu, perhatikan bahwa unrooting HP Android dapat menghapus beberapa aplikasi atau file yang terkait dengan akses root.